Friday, September 4, 2015

pantai losari makassar

pantai losari makassar

seingat saya ada nama tempat yang bernama losari di provinsi jawa tengah. maka ketika saya menyaksikan pantai losari di makassar sulawesi selatan, ingatan saya melayang ke nama temapt losari di jawa tengah. saya belum pernah ke losari di jawa tengah, tetapi setiap kali saya mendengar kata pantai losari di makassar, imaginasi saya tidak bisa dilepaskan untuk mengingat losari jawa tengah. 

losari sendiri asal mulanya terdiri dari dua kata, yaitu "loh" dan "sari". "Loh" dalam bahasa Jawa artinya "subur" jika dalihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia. "Sari" artinya "indah". Jadi "losari" artinya tempat yang subur dan indah pemandangannya. dalam konteks semacam ini, nama menjadi sangat penting. paling tidak bagi yang meyakininya. 

saya akhirnya berkesempatan mengunjungi pantai losari di makassar bersamaan dengan kesempatan mengikuti acara muktamar muhammadiyah yang berlangsung di kota makassar 2-7 Agustus 2015. karena banyak kawan yang mengajak, akhirnya saya penuhi minat besar kawan-kawan untuk menyaksikan pantai yang sangat terkenal karena dipromosikan oleh beberapa media tayang seperti televisi. 

apa yang dilakukan para pengunjung di pantai losari? mengambil foto tentunya. apalagi sekarang untuk berfoto ria bukan aktivitas yang mahal. setiap orang memiliki camera, terutama camera yang ada pada telpon seluler mereka. oleh karena itu, istilah selfi menjadi sangat populer. 

di tengah kepemilikan camera bagi setiap orang, ternyata jasa fotografi di objek wisata juga masih ada. beberapa puluh tahun yang lalu, saat camera menjadi barang yang sangat mewah dan mahal, jasa fotografi di objek wisata sangat banyak. terutama fotografi langsung jadi. sekali jepret, satu detik kemudian jadilah foto tersebut.

yang saya perhatikan di pantai losari bukan juru camera langsung jadi seperti beberapa puluh tahun yang lalu, tetapi juru foto langsung jadi yang dicetak menggunakan mesin cetak yang sering disebut dengan 'printer'. jadi juru camera tersebut membawa printer, laptop, dan tentu camera untuk mengambil foto. jika ada pengunjung yang tertarik untuk berfoto ria dan hasilnya langsung dicetak, maka juru foto tersebut akan mengambil gambar, kemudian foto itu dipindahkan ke dalam laptop untu dicetak memakai printer. bagaimana sumber listriknya? juru foto tersebut menyediakan suber listrik dari mesin diesel mini yang dibawanya.

pantai losari makassar


No comments:

Post a Comment