Saturday, December 13, 2014

pengembangan kepribadian


PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
PENGEMBANGAN DIRI

Buku-buku psikologi pengembangan diri dan kepribadian terus menerus menjadi buku yang sangat laris. Buku-buku itu adalah Think and Grow Rich (Napoleon Hill), The Power of Positive Thinking (Norman V. Peale), How to Win Friend and Influence People (Dale Carnegie), Unlimited Power (Anthony Robbins), Think Big, You Can if You Think You Can, Think Like a Winner (Walter Doyle Staples), Don’t Say Yes if You Want to Say No, Thick Face, Black Heart ‘Mental Baja, Pantang Menyerah (Chin-Ning Chu)  dll. Nanti akan saya sesuaikan kembali, karena ada beberapa buku yang terlupakan siapa penulisnya. Saya tidak sedang mempromosikan buku-buku ini karena saya bukan penjual buku. Bukan! Saya hanya sekedar berbagai (bagi yang menghendaki), karena buku ini layak untuk dibaca, they are worth reading, kata penutur bahasa Inggris.

Saya menjadi teringat bahwa saya membaca buku How to Win Friend and Influence People dalam versi bahasa Indonesia ketika saya masih SD. Meskipun saya tidak akan mengklaim bahwa saya menguasai semua isi dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi saya mau mengatakan bahwa pola pikir yang ditawarkan dalam buku tersebut banyak dampaknya bagi kepribadian dan cara pandang saya tentang kehidupan.

Bacaan di masa lalu kemudian memberikan andil yang besar. Lihatlah misalnya skripsi S-1 saya. Pola pikir positif dan pola pikir berjiwa besar menginspirasi saya untuk menganalisis novel The Old Man The Sea, sebuah novel berbahasa Inggris yang ditulis oleh Ernest Hemingway. Pelaku dalam novel tersebut mencerminkan pola pikir positif dan pola pikir berjiwa besar di tengah ujian hidup. Saya bersyukur Tuhan membimbing saya menemukan buku-buku tersebut sebagai suplemen vitamin otak dan hati.  Saya bukan mendapatkan buku-buku tersebut di ruang perpustakaan. Saya mendapatkannya di toko buku. Buku-buku ini bukan buku acuan wajib untuk mata kuliah atau pelajaran resmi di lembaga pendidikan resmi. Hanya tuntutan kebutuhan rukhani yang mendorong saya mencari dan membaca buku-buku tersebut. Membaca buku tersebut sama dengan santapan rokhani. Buku bacaan yang baik adalah santapan rukhani. Isi buku itu mendorong saya untuk berbesar hati dan berpikir positif menjalani hidup dan kehidupan.

PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
PENGEMBANGAN DIRI

No comments:

Post a Comment