KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
POLITEKNIK NEGERI BALI
PROGRAM STUDI ADM. BISNIS
|
KONTRAK PEMBELAJARAN
Nama Mata
Kuliah : General English-2
Kode Mata
Kuliah : MKK.
17001
Bobot sks : 2SKS
Semester : II ( dua)
reguler
Hari
Pertemuan : Sesuai
jadwal perkuliahan
Tempat
Pertemuan : Ruang Kelas dan
laboratorium
Penanggungjawab
MK : Dr. Majid Wajdi, M.Pd
1.
Deskripsi
Singkat:
Mata Kuliah ini
mengajarkan mahasiswa bisa menggunakan bahasa Inggris di dalam kehidupan
sehari-hari dan di tempat kerja baik lisan maupun tertulis mencakup keempat
keterampilan berbahasa, yakni listening,
speaking, reading dan writing.
- Tujuan Instruksional:
Setelah
menyelasaikan pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat
berkomunikasi secara lisan dan tertulis secara komunikatif di dalam kehidupan
sehari-hari dan di tempat kerja nantinya.
- Srategi Pembelajaran:
Pembelajaran ini
menggunakan metode komunikatif dengan menekankan pada aspek ketrampilan
menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca(reading) dan menulis
(writing) secara berimbang. Di samping itu akan diberikan juga pengetahuan dan
ketrampilan menggunakan tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary) yang
tepat di dalam menggunakan bahasa Inggris. Tata bahasa dan kosa kata diajarkan
secara implisit di dalam pendekatan komunikatif (communicative approach).
Pembelajaran akan berpusat pada siswa (student-centered learning), dosen
bertindak sebagai fasilitator.
Pada setiap pembelajaran
dosen bertindak sebagai fasilitator yang memperkenalkan topik yang akan dibahas
dengan memberikan pertayaan atau penjelasan-penjelasan yang memancing minat
belajar/ingin tahu mahasiswa terhadap topik yang dikejarkan. Dengan alat bantu
audio-visual yang sesuai materi-materi disajikan diharapkan menambah daya tarik
dan mendorong mahasiswa belajar secara serius. Agar Pembelajaran lebih lancer
dan menarik, dosen mepersiapkan/ menyediakan hand out (sudah tersedia) dan dibantu dengan bahan-bahan berupa. Job sheet akan membantu mahasiswa
mengerjakan tugas-tugas baik berjenjang maupun bebas, baik berkelompok maupun
individu di dalam mempraktekkan fungsi-fungsi bahasa. Latihan-latihan yang
diberikan diharapkan menambah kemahiran mahasiswa di dalam berkomunikasi baik
lisan maupun tulis yang bermanfaat untuk mengikuti Pembelajaran bahasa Inggris
pada semester berikutnya maupun di dalam kehidupan sehari-hari dan tempat
kerja. Pada akhir Pembelajaran dilakukan post
test baik secara lisan maupun tertulis. Tugas-tugas akan diperiksa baik
bersama mahasiswa maupun dosen sendiri dan hasilnya akan diberitahukan kepada
mahasiswa. Setiap tugas akan diberikan skor dan disertakan di dalam
penghitungan nilai kelulusan sesuai bobot yang ditetapkan.
- Kemampuan soft skills:
a) Mahasiswa mampu
menyimak wacana baik dari dosen maupun rekaman audio penutur asing sesuai topik
yang diajarkan.
b) Mahasiswa mampu
berbicara mengungkapkan gagasan, perasaan atau pikiran secara baik sesuai
dengan topik yang diajarkan.
c) Mahasiswa mampu
membaca wacana dengan baik sesuai topik yang diajarkan.
d) Mahasiswa mampu
menulis wacana dengan baik sesuai dengan topik yang diajarkan.
- Metode Pembelajaran
Menggunakan
pendekatan komunikatif (communicative approach). Beberapa metode digunakan seperti:
a.
Discovery learning
b.
Case study
c.
Pair work, individual
work/exercise, small group discussion.
Acuan
Ansell, Mary. 2000. Free English Grammar. www.seyfihoca.com
Acuan
Ansell, Mary. 2000. Free English Grammar. www.seyfihoca.com
Black,
Val et al. 1986. Fast Forward 1.
London: Oxford University Press. Cassette 1.
Brown, Caroline & Pearson Brown. 2010. English Grammar Secrets. www.englishgrammarsecrets.com
Brown, Caroline & Pearson Brown. 2010. English Grammar Secrets. www.englishgrammarsecrets.com
Lambert,
Sue. 1991. What to Say When You are
Abroad. London: BBC. Cassette 1 & 2.
Murphy,
Raymond. 1987. English Grammar in Use.
New York: Cambridge University Press.
Season, Anne & YH Mew. 2007. Basic English Grammar. United Stated: Saddleback Educational Publishing.
Setiawan, Dedy. 1995. English1. Bandung: PEDC.
Thomson, AJ & AV. Martinet. 1986. A Practical English Grammar. NY: Oxford University Press.
Walker, Elaine & Steve Elsworth. 2000. Grammar Practice for Elementary Students. England: Pearson Education Limited.
Season, Anne & YH Mew. 2007. Basic English Grammar. United Stated: Saddleback Educational Publishing.
Setiawan, Dedy. 1995. English1. Bandung: PEDC.
Thomson, AJ & AV. Martinet. 1986. A Practical English Grammar. NY: Oxford University Press.
Walker, Elaine & Steve Elsworth. 2000. Grammar Practice for Elementary Students. England: Pearson Education Limited.
Materi English (Using Android Tab):
1.
Test
your English Intermediate 2, English-test.net
2.
Test
your English Advance 3, English-test.net
3.
Test
your English Vocabulary, English-test.net
4.
Practice
English Grammar (Beginner Level)
5.
Practice
English Grammar (Elementary Level)
- Finding
Frankie Frog: Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan computer
android.
- Test Your English 1 (Elementary): Bahan Pembelajaran Bahasa
Inggris menggunakan computer android. English-test.net
- Practice English Grammar 1 (Beginner level): Bahan Pembelajaran Bahasa
Inggris menggunakan computer android.
- Speak English: Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan
computer android.
- TOEIC SHOWER: Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan
computer android.
- TOEIC (The best way to learn 1000 questions): Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan computer android.
- Tugas-Tugas
Berupa tugas
perorangan/kelompok untuk dikerjakan di kelas/rumah.
- Kriteria Penilaian:
Penilaian atas
proses pembelajaran meliputi aspek kreativitas dan keaktivan siswa di dalam
berdiskusi / menjawab pertanyaan / kuis, mengerjakan tugas-tugas
(perorangan/kelompok), UTS dan UAS. Rincian keseluruhan penilaian sebagai
berikut.
Aktivitas
harian : 20%
Tugas
1 : 20%
Tugas
2 : 20%
UTS : 20%
UAS : 20%
Cara penilaian
dengan cara pendekatan metode kombinasi PAP dan PAN:
Nilai terkait dengan Standar Penilaian digunakan sistem Penilaian Acuan
Patokan (PAP). Hasil evaluasid ikategorikan sebagaiberikut:
AngkaMutu
(skala 0-10)
|
AngkaMutu
(skala 0-4)
|
HurufMutu
(SkalaKualitatif)
|
81– 100
|
4
|
A
|
76–80
|
3,5
|
AB
|
66–75
|
3
|
B
|
61 - 65
|
2,5
|
BC
|
56 - 60
|
2
|
C
|
4,1 - 5,5
|
1
|
D
|
0,0 - 4,0
|
0
|
E
|
-
|
-
|
Incomplete (bila tdk memenuhi aturan
yg ada)
|
- Jadwal Pembelajaran
No
|
Hari/tanggal
|
Topik/Materi
|
Dosen
|
Ket
|
1
|
Pertemuan
I/II
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Telling the Times
|
Dr. Majid
Wajdi, M.Pd
|
|
2
|
Pertemuan
III/IV
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Describing Daily Routines
|
Dr. Majid
Wajdi, M.Pd
|
|
3
|
Pertemuan
V/VI
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Describing Future Action
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
4
|
PertemuanVII/VIII
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Describing Finished Action
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
5
|
Pertemuan
IX/X
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Describing Process
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
6
|
Pertemuan
VI
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Reporting What People Say
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
7
|
Pertemuan
VII
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Describing Building
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
8
|
Pertemuan
VIII
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Describing Building
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
9
|
Pertemuan IX
|
UTS
|
Pengawas
|
|
10
|
Pertemuan
X
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Making Comparison and Contrast
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
11
|
Pertemuan
XI
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Making Comparison and Contrast
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
12
|
Pertemuan
XII
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Telling Conditional
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
13
|
Pertemuan
XIII
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Telling Conditional
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
14
|
Pertemuan
XIV
teori
= 1 jam
praktik =1
jam
|
Making Invitation
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
15
|
Pertemuan
XV
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Making Invitation
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
16
|
Pertemuan
XVI
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Cross Cultural Understanding
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
17
|
Pertemuan
XVII
teori
= 1 jam
praktik
=1 jam
|
Cross Cultural Understanding
|
Dr.
Majid Wajdi, M.Pd
|
|
18
|
Pertemuan XVIII
|
UAS
|
Pengawas
|
- Ketentuan lain:
(1) Peserta maka
kuliah ini dapat mengikuti ujian apabila telah mengikuti Pembelajaran pada
semester yang berjalan:
-
Sekurang-kurangnya 75% bagi peserta yang mengambil mata
kuliah ini;
-
Sekurang-kurangnya 50% bagi peserta yang
mengulang/perbaikan mata kuliah ini.
(2) Tidak
diselenggarakan ujian sususlan kecuali untuk peserta yang sakit rawat inap
(dibuktikan dengan keterangan tertulis dari RS).
11. Lain-lain
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati,
dapat dibicarakan secara teknis pada saat setia pacara perkuliahan. Apabila ada
perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.
Kontrakperkuliahan
ini dapatdilaksanakan, mulai dari disampaikankesepakatan ini.
Pihak I Pihak
II
Dosen
Penanggungjawab MK a.n.
Mahasiswa / Korma Kelas: IIC
NIP 196212081990111001 NIM 13157131095
Mengetahui
Ketua Jurusan Adm. Niaga
Drs. I.B. Artha Adnyana,
M.Hum.
NIP 196312311989031023
No comments:
Post a Comment