Tuesday, November 25, 2014

asosiasi linguistik terapan indonesia

asosiasi linguistik terapan indonesia (ALTI)
applied linguistics association of indonesia (ALAI)
http://mawa2014.blogspot.com
Sebagian kecil peserta CONPLIN-7, UPI Bandung 24-25 November 2014
(Dari Kanan: Ardhi Nugraha Wahid (UPI: kacamata), Ibu Sri Rejeki Urip (UNES), Ibu Anastasia Pujitriherwanti (UNES), Dudung Gumilar, (UPI), Lisa Khaerunnisa, Wahyudi JS (UNES), Fourus Husnatul A,  Aa panitia, Ibu Andi Mulyani Kone, Ibu Rudiah, Teh Geulis Jillab Hitam, Teh Geulis, dan Majid Wajdi)


Sebagai salah satu perserta pada Conference on Applied Linguistics ketujuh (CONAPLIN-7) yang diselengarakan oleh Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, saya mendapat kehormatan untuk menghadiri dan sebagai peserta dalam sebuah pertemuan untuk membentuk sebuah asosiasi profesi yang bergerak di bidang ilmu linguistik terapan. Pertemuan itu diadakan di tengah-tengah penyelenggaraan  di hari kedua konferensi yakni Selasa, 25 November 2014 yang berlangsung pada pukul 12:10-13.10. Jika konferensi Conaplin-7 berlangsung di lantai IV Gedung Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, maka pertemuan pembentukan asosiasi linguistik terapan indonesia (ALTI) atau applied linguistics association of indonesia (ALAI) berlangsung di lantai V. 

Hanya saja karena informasi melalui email agak terlambat saya baca (saya baca email itu setalah saya di Bandung), maka saya tidak sempat mengikuti acara tersebut. Padahal saya sudah membeli tiket pesawat Denpasar - Bandung PP tiga pekan sebelumnya. Barangkali jika saya jauh-jauh hari sudah tahu tentang acara yersebut, maka saya dapat menjadwal kepulangan saya pada hari Rabu, 26 November 2014. Saya juga harus memutuskan pulang sesuai tiket saya hari Selasa 25 November 2014, hari kedua pelaksanaan konferensi.  Saya juga khawatir perjalanan dari Kampus UPI Bandung ke Bandara Husen Sastra Negara terjebak macet, maka lebih baik saya lebih awal berangkat ke bandara.  Saya meninggalkan tempat konferensi pada saat istirahat makan siang. Memang sebelumnya saya sudah sampaikan kepada panitia, jika memungkinkan saya dapat mengambil sertifakat konferensi pada saat jam istirahat makan siang. 

Jika saya baca surat undangan dan lampiran draft AD/Art asosiasi maka saya juga dapat mengira-ira agenda pertemuan. Intinya adalah pembentukan asosiasi dan pembahasan AD/ART, plus kepengurusan tingkat pusat. Tentu saja saya menunggu perkembangan selanjutnya dari hasil pertemuan di atas. Paling tidak saya dapat mendaftar sebagai anggota asosiasi profesi. Apalagi jika Allah berkenan, Insya Allah, saya akan menghadiri simposium ISLOJ-5 (International Symposium on the Language of Java-5) sekitar bulan Juni 2015 yang rencananya diselenggarakan di UPI Bandung juga. Sayang untuk tahun 2015, ISMIL-19 (International Symposiun on Malay-Indonesia Linguitics) tidak diselenggarakan pada tempat yang sama menyusul ISLOJ, seperti pada tahun sebelumnya. Tahun 2015 ISMIL-19 diselenggrakan di Jambi. Saya mencoba browsing tiket Denpasar-Jakarta, Jakarta-Jambi ternyata cukup lumayan. Ya, Allah, mudahkanlah hamba menjalani semua ini.
Jika Allah memudahkan saya membuat makalah atau paper dan memudahkan saya mendapatkan tiket Denpasar-Bandung PP dll, maka keinginan berkiprah di arena ilmiah ISLOJ-5 dapat terwujud. Semoga. 

Kepada panitia dan Balai Bahasa UPI Bandung, saya mengucapkan selamat atas dibidaninya sebuah wadah asosiasi profesi. Selamat datang asosiasi linguistik terapan indonesia (ALTI) atau applied linguistics association of indonesia (ALAI).



ANGGARAN DASAR (AD) DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA (ART) ASOSIASI LINGUISTIK TERAPAN INDONESIA (ALTI)
Asosiasi Linguistik Terapan Indonesia (ALTI) merupakan organisasi profesi bagi pemerhati, akademisi, dan praktisi dalam bidang linguistik terapan atau yang berkaitan dengan bidang itu baik secara langsung maupun tidak langsung baik di dalam maupun di luar negeri.
Dalam bahasa Inggris disebut ALAI,  ‘Applied Linguistic Association  of Indonesia’, sehingga dalam AD dan ART disebut dengan singkatan ALAI. ALAI didirikan di Bandung, tepatnya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Banding pada November 2014.
Di bawah ini adalah AD dan ART Asosiasi Linguistik Terapan Indonesia.
AD/ART asosiasi linguistik terapan indonesia.


ANGGARAN DASAR (AD) DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA (ART) ASOSIASI LINGUISTIK TERAPAN INDONESIA (ALTI)


2 comments: