Wednesday, November 5, 2014

kontrak pembelajaran english-2


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
POLITEKNIK NEGERI BALI
PROGRAM STUDI ADM. BISNIS


KONTRAK PEMBELAJARAN

Nama Mata Kuliah                : General English-2
Kode Mata Kuliah                            : MKK.  17001
Bobot sks                              : 2SKS
Semester                               : II ( dua) reguler
Hari Pertemuan                     : Sesuai jadwal perkuliahan
Tempat Pertemuan                : Ruang Kelas dan laboratorium
Penanggungjawab MK         : Dr. Majid Wajdi, M.Pd

1.      Deskripsi Singkat:
Mata Kuliah ini mengajarkan mahasiswa bisa menggunakan bahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari dan di tempat kerja baik lisan maupun tertulis mencakup keempat keterampilan berbahasa, yakni listening, speaking, reading dan writing.

  1. Tujuan Instruksional:      
Setelah menyelasaikan pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis secara komunikatif di dalam kehidupan sehari-hari dan di tempat kerja nantinya.
 
  1. Srategi Pembelajaran:
Pembelajaran ini menggunakan metode komunikatif dengan menekankan pada aspek ketrampilan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca(reading) dan menulis (writing) secara berimbang. Di samping itu akan diberikan juga pengetahuan dan ketrampilan menggunakan tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary) yang tepat di dalam menggunakan bahasa Inggris. Tata bahasa dan kosa kata diajarkan secara implisit di dalam pendekatan komunikatif (communicative approach). Pembelajaran akan berpusat pada siswa (student-centered learning), dosen bertindak sebagai fasilitator.
Pada setiap pembelajaran dosen bertindak sebagai fasilitator yang memperkenalkan topik yang akan dibahas dengan memberikan pertayaan atau penjelasan-penjelasan yang memancing minat belajar/ingin tahu mahasiswa terhadap topik yang dikejarkan. Dengan alat bantu audio-visual yang sesuai materi-materi disajikan diharapkan menambah daya tarik dan mendorong mahasiswa belajar secara serius. Agar Pembelajaran lebih lancer dan menarik, dosen mepersiapkan/ menyediakan hand out (sudah tersedia) dan dibantu dengan bahan-bahan berupa. Job sheet akan membantu mahasiswa mengerjakan tugas-tugas baik berjenjang maupun bebas, baik berkelompok maupun individu di dalam mempraktekkan fungsi-fungsi bahasa. Latihan-latihan yang diberikan diharapkan menambah kemahiran mahasiswa di dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulis yang bermanfaat untuk mengikuti Pembelajaran bahasa Inggris pada semester berikutnya maupun di dalam kehidupan sehari-hari dan tempat kerja. Pada akhir Pembelajaran dilakukan post test baik secara lisan maupun tertulis. Tugas-tugas akan diperiksa baik bersama mahasiswa maupun dosen sendiri dan hasilnya akan diberitahukan kepada mahasiswa. Setiap tugas akan diberikan skor dan disertakan di dalam penghitungan nilai kelulusan sesuai bobot yang ditetapkan.

  1. Kemampuan soft skills:
a)    Mahasiswa mampu menyimak wacana baik dari dosen maupun rekaman audio penutur asing sesuai topik yang diajarkan.
b)   Mahasiswa mampu berbicara mengungkapkan gagasan, perasaan atau pikiran secara baik sesuai dengan topik yang diajarkan.
c)    Mahasiswa mampu membaca wacana dengan baik sesuai topik yang diajarkan.
d)   Mahasiswa mampu menulis wacana dengan baik sesuai dengan topik yang diajarkan.

  1. Metode Pembelajaran
Menggunakan pendekatan komunikatif (communicative approach). Beberapa  metode digunakan seperti:
a.     Discovery learning
b.     Case study
c.      Pair work, individual work/exercise, small group discussion.


Acuan       

Ansell, Mary. 2000. Free English Grammar. www.seyfihoca.com
Black, Val et al. 1986. Fast Forward 1. London: Oxford University Press. Cassette 1.
Brown, Caroline  & Pearson Brown. 2010. English Grammar Secrets. www.englishgrammarsecrets.com
Lambert, Sue. 1991. What to Say When You are Abroad. London: BBC. Cassette 1 & 2.
Murphy, Raymond. 1987. English Grammar in Use. New York: Cambridge University Press.
Season, Anne & YH Mew. 2007. Basic English Grammar. United Stated: Saddleback Educational Publishing.
Setiawan, Dedy. 1995. English1. Bandung: PEDC.
Thomson, AJ & AV. Martinet. 1986. A Practical English Grammar. NY: Oxford University Press.
Walker, Elaine & Steve Elsworth. 2000. Grammar Practice for Elementary Students. England: Pearson Education Limited.

Materi English (Using Android Tab):
1.     Test your English Intermediate 2, English-test.net
2.     Test your English Advance 3, English-test.net
3.     Test your English Vocabulary, English-test.net
4.     Practice English Grammar (Beginner Level)
5.     Practice English Grammar (Elementary Level)
  1.  Finding Frankie Frog: Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan computer android.
  2. Test Your English 1 (Elementary): Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan computer android. English-test.net
  3. Practice English Grammar 1 (Beginner level): Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan computer android.
  4. Speak English: Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan computer android.
  5. TOEIC SHOWER: Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan computer android.
  6. TOEIC (The best way to learn 1000 questions): Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan computer android.
  1. Tugas-Tugas
Berupa tugas perorangan/kelompok untuk dikerjakan di kelas/rumah.

  1. Kriteria Penilaian:
Penilaian atas proses pembelajaran meliputi aspek kreativitas dan keaktivan siswa di dalam berdiskusi / menjawab pertanyaan / kuis, mengerjakan tugas-tugas (perorangan/kelompok), UTS dan UAS. Rincian keseluruhan penilaian sebagai berikut.
Aktivitas harian                     : 20%
Tugas 1                                  : 20%
Tugas 2                                  : 20%
UTS                                         : 20%
UAS                                         : 20%

Cara penilaian dengan cara pendekatan metode kombinasi PAP dan PAN:
Nilai terkait dengan Standar Penilaian digunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasid ikategorikan sebagaiberikut:
AngkaMutu
(skala 0-10)
AngkaMutu
(skala 0-4)
HurufMutu
(SkalaKualitatif)
81– 100
4
A
76–80
3,5
AB
66–75
3
B
61 - 65
2,5
BC
56 - 60
2
C
4,1 - 5,5
1
D
0,0 - 4,0
0
E
-
-
Incomplete (bila tdk memenuhi aturan yg ada)

  1. Jadwal Pembelajaran
No
Hari/tanggal
Topik/Materi
Dosen
Ket
1
Pertemuan I/II
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Telling the Times

Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

2
Pertemuan III/IV
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Describing Daily Routines

Dr. Majid Wajdi, M.Pd 



3
Pertemuan V/VI
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Describing Future Action

Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

4
PertemuanVII/VIII
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Describing Finished Action

Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

5
Pertemuan IX/X
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Describing Process

Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

6
Pertemuan VI
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Reporting What People Say

Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

7
Pertemuan VII
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Describing Building

Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

8
Pertemuan VIII
teori = 1 jam
praktik =1 jam

Describing Building
Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

9
Pertemuan IX
UTS
Pengawas

10
Pertemuan X
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Making Comparison and Contrast
Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

11
Pertemuan XI
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Making Comparison and Contrast
Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

12
Pertemuan XII
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Telling Conditional
Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

13
Pertemuan XIII
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Telling Conditional

Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

14
Pertemuan XIV
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Making Invitation
Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

15
Pertemuan XV
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Making Invitation
Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

16
Pertemuan XVI
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Cross Cultural Understanding
Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

17
Pertemuan XVII
teori = 1 jam
praktik =1 jam
Cross Cultural Understanding
Dr. Majid Wajdi, M.Pd 

18
Pertemuan XVIII
UAS
Pengawas


  1. Ketentuan lain:
(1) Peserta maka kuliah ini dapat mengikuti ujian apabila telah mengikuti Pembelajaran pada semester yang berjalan:
-       Sekurang-kurangnya 75% bagi peserta yang mengambil mata kuliah ini;
-       Sekurang-kurangnya 50% bagi peserta yang mengulang/perbaikan mata kuliah ini.
(2) Tidak diselenggarakan ujian sususlan kecuali untuk peserta yang sakit rawat inap (dibuktikan dengan keterangan tertulis dari RS).

11. Lain-lain
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setia pacara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.
Kontrakperkuliahan ini dapatdilaksanakan, mulai dari disampaikankesepakatan ini.

Pihak I                                                                                                  Pihak II
Dosen Penanggungjawab MK                                     a.n. Mahasiswa / Korma Kelas: IIC


Dr. Majid Wajdi, M.Pd.                                                   I Kadek Wahyu Suwamerta
NIP 196212081990111001                                                       NIM 13157131095

                                                                                   


Mengetahui
Ketua Jurusan Adm. Niaga




Drs. I.B. Artha Adnyana, M.Hum.
NIP 196312311989031023

No comments:

Post a Comment